Jumat, 07 Februari 2014

Program Khidmah Jam'iyyah Santri PPI 110 Manba'ul Huda


SEMUA TENTANG KITA
“PROGRAM KHIDMAH JAM’IYYAH SANTRI 2013”

            PKJS atau Program Khidmah Jam’iyyah Santri merupakan program yang ada di seluruh Pesantren Persatuan Islam. Meski kadang namanya berbeda-beda, namun esensi maupun tujuannya sama, yaitu menjadikan seorang santri yang siap terjun ke masyarakat kelak setelah lulus dari lembaga pendidikan pesantren. Membangun mental dan kepribadian santri, belajar untuk berjam’iyyah, dan berkhidmah kepada masyarakat. Begitu pun dengan pesantrenku, Pesantren Persatuan Islam (PPI) no. 110 Manba’ul Huda Bandung.
            Di pesantren persatuan islam, PKJS menjadi syarat wajib untuk kelulusan seorang santri. Setiap santri yang telah menginjak kelas 12 Mu’allimien, akan melaksanakan program khidmah jam’iyyah santri. Angkatanku kali ini, melaksanakan PKJS ke daerah Cikijing, kab. Majalengka. Tepatnya di desa sindang, di Pesantren Persatuan Islam no. 138. Kami berada disana selama dua minggu, mulai dari tanggal 2 November sampai 14 November 2013.

            Begitu banyak pelajaran yang kudapatkan selama berada disana. Mulai dari pengalaman baru, teman baru, dan juga keluarga baru. Yah, PKJS memang menggoreskan banyak kisah di dalam kehidupanku. Kekeluargaan diantara kelas  12 semakin terasa, hidup bersama-sama selama dua minggu, menjadikan kita semakin dekat, lebih mengenal sifat satu sama lain, saling mengerti, dan juga saling menasehati.
            Kelas kami berjumlah 17 orang, 9 orang Rijalul Ghad (ikhwan) dan 8 orang Ummahatul Ghad (akhwat). Kelas kami bernama “We Are Shine Of Muslim Mujahid”. Selama dua minggu berada di Sindang, kami bersatu padu untuk membuat kegiatan kami terlaksana dengan lancer dan dapat member manfaat pada masyarakat Cikijing.
            Hari pertama, kami lalui dengan silaturahmi bersama warga sindang. Kesan yang begitu kekeluargaan amat terasa ketika pertama kali menginjakan kaki ke desa ini. Sebelum berangkat menuju desa Sindang, aku dan teman-teman diberikan pembekalan oleh mudirul ‘am pesantren kami, al-Ustadz Amin Al Husaeni, beliau selalu mengingatkan bahwa kami adalah wajah pesantren, baik dan buruk pesantren, semua tergantung kepada kami, karena kami yang akan memperkenalkan pesantren Manba’ul Huda kepada warga sindang. Oleh karena itu, hari pertama kami lalui dengan bersilaturahmi kepada warga di sekitar pesantren.
            Selama dua minggu disana, banyak hal yang kami lakukan. Mulai dari mengajar, berdakwah, mengadakan bakti sosial, pentas seni, perlombaan, dan juga tabligh akbar. Tugas PKJS yang paling utama bagi seluruh santri adalah mengajar dengan ketentuan 5 RPP, serta berdakwah dua kali. Selain dari tugas utama itu, kami mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
 

            Melalui program PKJS ini, kami semakin saling mengenal, sehingga persahabatan diantara kami semakin erat. Rizal, Adul, Shiddiq, Farid, Ghani, Birul, Faris, Syahrul, Nurizka, Ai, Sania, Nadia, Ismi, Nadia, Eni, dan Nisa, mereka semua adalah sahabat-sahabat yang luar biasa, selalu memotivasi, menasehati, sehingga kita semua benar-benar menjadi sebuah keluarga. Melalui PKJS lah, persahabatan kami ditempa semakin kuat, sehingga begitu erat layaknya mata uang yang tak bisa dipisahkan diantara kedua sisinya.
            Sahabat bukanlah yang membenar-benarkan dirimu, tetapi sahabat adalah yang berkata benar kepadamu. Sehingga kamu dapat berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. PKJS 2013, merupakan sebuah mozaik berharga dalam lembaran hidupku, semakin menyadarkanku betapa indahnya menuntut ilmu di Pesantren. Karena kami dididik untuk menjadi insane yang abdulloh, yang senantiasa menyembah Rabbnya dengan penuh keikhlasan. Menjadikan  kami semakin paham akan islam, dan memiliki tujuan hidup yang jelas.
            Di PKJS ini lah, seluruh ilmu yang kita pelajari selama di pesantren diaplikasikan secara nyata. Sehingga ilmu tak berakhir sebagai hafalan didalam otak, tetapi juga menjadi kepribadian dalam amal sehari-hari. AKU SANTRI dan AKU BANGGA!. ^^
    
            Terimakasih kuucapkan kepada seluruh warga Sindang, santri PPI. 138 Cikijing, asatidz, dan seluruh sahabat-sahabat yang membantu kami dalam PKJS 2013. Syifa, Iklima, Tiara, Ima, Irsyad, Hafidz, Shiddiq amien, basith, iqlima, dewi, sara, a jafar, a rois, a sopyan, a ade, ust. Iyod, ust. Ajang, bu iik, bu dilla, dan seluruh teman-teman yang tak mungkin kusebut satu persatu. Semoga kelak kita dipertemukan kembali, saudara tetaplah saudara, dimanapun jasad berada. ^^
            Jazakumullohu Khairan Katsira.. ^^
Unforgotable Moment

0 komentar:

Posting Komentar